16.3.20

Seputar General Manager

General Manager adalah seorang manajer yang mempunyai semua tanggung jawab kepada seluruh fungsional di suatu organisasi atau perusahaan. Beberapa unit bidang fungsi pekerjaan yang mengepalai beberapa atau seluruh manager fungsional dipimpin oleh General Manager.


General manager bertugas untuk mengambil tanggung jawab dan sebuah keputusan atas tercapainya sebuah tujuan perusahaan serta sebagai fungsi inti dalam perusahaan dan pengendali seluruh tugas.

TUGAS GENERAL MANAGER
Ini lah tugas general manager :

Memimpin perusahaan dan menjadi motivator bagi karyawannya
Mengelola operasional harian perusahaan
Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi, mengawasi dan mengalisis semua aktivitas bisnis perusahaan

Mengelola perusahaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan
Merencanakan, mengelola dan mengawasi proses penganggaran di perusahaan
Merencanakan dan mengontrol kebijakan perusahaan agar dapat berjalan degan maksimal. 

Mengelola anggaran keuangan perusahaan

Memutuskan dan membuat kebijakan untuk kemajuan perusaahan. 

Membuat prosedur dan standar perusahaan. 

Membuat keputusan penting dalam lingkup integrasi, aliansi, investasi, dan divestasi. 

Merencanakan dan mengeksekusi rencana startegis perusahaan jangka menengah dan jangka panjang untuk kemajuan perusahaan. 

Menghadiri pertemuan, seminar, konferensi maupun pelatihan
Meningkatkan efektivitas manajemen dengan memilih, orientasi, coaching, konseling, pelatihan, merekrut, dan mendisiplinkan manajer; mengkomunikasikan nilai-nilai, strategi, dan tujuan; menugaskan akuntabilitas, memberikan kesempatan pendidikan; dan perencanaan, penilaian, pemantauan, pekerjaan hasil; mengembangkan iklim untuk menawarkan informasi dan opini; mengembangkan insentif;.

Mengembangkan rencana strategis dengan mempelajari peluang teknologi dan keuangan; menyajikan asumsi; merekomendasikan tujuan.

Menyelesaikan tujuan anak perusahaan dengan membentuk rencana, anggaran, dan hasil pengukuran; mengalokasikan sumber daya; meninjau kemajuan; membuat koreksi di tengah jalan.
Mengkoordinasikan berbagai usaha membangun pengadaan, produksi, pemasaran, bidang, dan layanan teknis kebijakan dan praktek; mengkoordinasikan tindakan dengan staf perusahaan.
Membangun citra perusahaan dengan berkolaborasi dengan pelanggan, pemerintah, organisasi masyarakat, dan karyawan; menegakkan praktik bisnis yang etis.

Mempertahankan kualitas layanan dengan membentuk dan menegakkan standar organisasi.

Mempertahankan pengetahuan profesional dan teknis dengan menghadiri lokakarya pendidikan; meninjau publikasi profesional; membangun jaringan pribadi; benchmarking state-of-the-art praktik; berpartisipasi dalam masyarakat profesional.

Kontribusi untuk tim upaya mencapai hasil terkait yang diperlukan.
Job Specification / Spesifikasi Pekerjaan Terdiri atas:
Job requirements
Job qualifications
Minimun hiring requirements

Pengertian spesifikasi pekerjaan :

Robert L. Mathis & John H. Jackson : Menyebutkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan individu yang sangat diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan memuaskan.

H. Malayu S.P. Hasibuan : Persyaratan kualitas yang minimum orang bisa diterima agar dapat menjalankan satu jabatan secara kompeten dan baik.
Edwin B. Flippo : Suatu pernyataan atau keterangan tentang syarat-syarat minimum manusia yg layak yg perlu utk melaksanakan suatu jabatan dengan sebaik-baiknya.

Spesifikasi pekerjaan memberikan uraian informasi mengenai hal-hal berikut:

Tingkat pendidikan pekerja
Jenis kelamin pekerja
Keadaan fisik pekerja
Pengetahuan dan kecakapan pekerja
Batas umur pekerja
Nikah atau belum
Minat pekerja
Emosi dan temperamen pekerja
Pengalaman pekerja


WEWENANG GENERAL MANAJER
1. Berwenang menandatangani dokumen, surat-surat yang berhubungan dengan produksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Berwenang menilai, menyampaikan usul promosi, degradasi dan alih tugas bawahan sampai tingkat Kepala Seksi Produksi.

3. Berwenang menilai dan memutuskan promosi, degradasi dan alih tugas bawahan sampai tingkat Supervisor Produksi.

4. Berwenang mengajukan usul kepada Direktur Operasional untuk vesifikasi produk / pemakaian bahan baku, penggantian, penambahan, rehabilitasi dan modifikasi mesin produksi untuk peningkatan produktifitas dan effisiensi produksi.

Melaksanakan koordinasi tugas setiap bagian yang berada dibawah General Manager sesuaidengan struktur kerja yang telah ditetapkan.
Mengendalikan dan mengevaluasi produksi dari segi biaya, mutu dan waktu secara berkala.
Mengambil keputusan dan kebijaksanaan sehubungan dengan arah dan sasaran yang ingindicapai.
Mengupayakan terjadinya hubungan yang saling menguntungkan dari pihak-pihak luarataupun pihak-pihak didalam perusahaan yang berkaitan dengan lingkungan tugasnya.
Membuat peraturan-peraturan intern perusahaan yang tidak bertentangan dengan perusahaan. 


SYARAT GENERAL MANAGER
Syarat menjadi general manager tidaklah mudah. General manager memiliki berbagai tugas penting dan tanggung jawab yang besar berkaitan dengan kelancaran operasional perusahaan. Tanpa kendali yang bagus dari seorang general manager, sebuah perusahan bisa mengalami “down” kinerjanya, baik dari segi produktifitas orang-orang yang berada di bawahnya, ataupun sisi keuangan secara tidak langsung.

Seorang general manager harus memiliki kecakapan dan ide-ide yang cerdas untuk memecahkan berbagai persoalan managerial yang kompleks, bertanggung jawab atas perencanaan stategi kebijakan perusahaan serta mampu mengimplementasikan kebijakan tersebut kepada para bawahannya.

Lantas apa saja tugas general manager?

Untuk menjadi general manager, syaratnya, selain memilik kemampuan yang bagus berkaitan dengan perencanaan strategi kebijakan seperti yang disebutkan di atas, seorang general manager harus mampu melaksanakan tugas/tanggung jawab pokok seperti melakukan koordinasi terdapat semua manager di bawahnya dan seluruh aktifitas pekerjaan para karyawannya.

Sebagai contoh, jika dalam sebuah perusahaan terdapat karyawan yang tidak sesuai dengan peraturan perusahaan dalam melakukan tanggung jawabnya, maka general managerlah yang bertanggung jawab menegur “manager divisi” (devision manager) yang bersangkutan agar manager divisi tersebut dapat melakukan tidakan persuasif terhadap karyawan tersebut.

Hal ini dilakukan jika manager divisi telat melakukan tanggung jawabnya berkaitan dengan ketaatan karyawan tersebut.

Syarat lain untuk menjadi seorang general manager, ia juga harus dapat menjadi perantara di antara para manager di bawahnya dengan atasannya langsung yaitu direktur utama. Jadi secara struktural para division manager tidak dapat melampaui tidakannnya langsung kepada direktur perusahaan.

Jika ada masalah, ide, ataupun kritik berkaitan dengan perbaikan kinerja perusahaan, maka general manager wajib ikut serta, karena itu seorang general manager harus memiliki kecakapan verbal, sikap, psikologi, dan emosional yang bagus.

Untuk menunjang syarat menjadi general manager, tentu harus didukung dengan berbagai keahlian. Apa saja keahlian yang dibutuhkan seorang general manager?

Untuk menjadi seorang general manager, secara singkat dan secara umum dibutuhkan beberapa keahlian sekaligus untuk mendukung “jobs” yang menjadi tanggung jawabnya.

Jenis keahlian yang dibutuhkan general manager mencakup beberapa hal di bawah ini:

Kemampuan berkomunikasi yang baik, baik secara horizontal maupun secara vertikal.
Memiliki kemampuan presentasi dan kemampuan analisis yang bagus.
Mahir mengoperasikan program-program komputer yang mendukung berbagi tugas utamanya, seperti software analisis, software presentasi, dan software word processing.
Kecakapan monitoring terhadap seluruh bawahannya, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Bawahan secara langsung yaitu para sub/division manager, seperti manager keuangan, manager operasional, manager produksi, dan manager lainnya.
Melalui proses pengawasan terhadap seluruh bawahannya, ia harus mampu menjadi penggerak sumber daya, motivator, problem solver, dan pengatur strategi bisnis.
Seorang general manager harus memiliki skill management dan sikap kepemimpinan (leadership) yang bagus, tidak arogan, namun tetap menunjukkan kewibawaannya.
Seorang general manager harus selalu memiliki optimisme yang tinggi agar selalu ditiru oleh seluruh manager bawahannya, serta seluruh karyawannya.
Selain keahlian tersebut, biasaya lowongan kerja general manager yang dipublish perusahaan, mewajibkan kandidatnya telah memiliki pengalaman selama beberapa tahun menjabat sebagai division manager, meski background managernya bisa berasal dari bagian yang berbeda-beda. Misalnya, anda berasal dari manager finance, manager accounting, manager produksi, ataupun manager marketing.

No comments:
Write komentar