Analisis lingkungan stratejik bertujuan mencari relasi dan titik temu antara faktor-faktor lingkungan stratejik internal dan eksternal organisasi dalam kaitannya dengan visi, misi dan nilai-nilai serta dengan tujuan dan sasaran organisasi untuk memperoleh sinergi.
Analisis lingkungan stratejik juga berfungsi sebagai sistem peringatan dini ( early warning system) agar organisasi dapat segera mengambil langkah-langkah pengamanan.
Analisa Lingkungan Internal (Kekuatan dan Kelemahan)
1. Struktur Organisasi
2. Sumberdaya Manusia
3. Anggaran biaya operasional
4. Peralatan
5. Teknologi
6. Faktor-faktor pendukung organisasi lain seperti kewenangan methodologi.
Analisa Lingkungan Eksternal; (peluang dan ancaman)
1. Interaksi langsung : pelanggan, konsumen, stakeholder.
2. Poleksosbudkam, teknologi, hukum, lingkungan hidup, ekologi, geografi.
Tahapan Analisis SWOT
Identifikasi Lingkungan Internal, Eksternal dan Stakeholders (DAFTAR S,W,O,T).
Analisis Lingkungan Stratejik (IFAS/EFAS)
ANALISIS SWOT ( S-O,S-T,W-O,W-T).
ASUMSI STRATEJIK DAN PILIHAN (KETERKAITAN DENGAN V,M DAN O).
FAKTOR-FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN
( CRITICAL SUCCESS FACTORS ).
ANALISIS - IFAS/ EFAS
Setiap faktor stratejik dilakukan seleksi skala prioritas dengan kriteria BOBOT dan RATING untuk mendapatkan urutan PRIORITAS :
SANGAT MENONJOL = 4
MENONJOL = 3
TIDAK MENONJOL = 2
PALING TIDAK MENONJOL = 1
Faktor-faktor internal stratejik terdiri dari
BOBOT, RATING, SKOR dan KESIMPULAN.
FAKTOR-FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN ( CRITICAL SUCCESS FACTORS ) adalah faktor-faktor yang mencakup berbagai bidang/aspek dari misi dimana kepadanya amat bergantung keberhasilan kinerja instansi pemerintah dalam melaksanakan MISI dan upaya terwujudnya VISI.
Faktor-faktor kunci tersebut antara lain berupa potensi, kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan, kendala yang dihadapi organisasi: sumber daya manusia, dana, sarana, prasarana,peraturan perundang-undangan, kebijakan yang digunakan instansi pemerintah dalam kegiatan,
Faktor-faktor Kunci Keberhasilan biasanya berjumlah lebih kurang berkisar antara 7- 9, dengan tujuan manajemen menampilkan dan menyusun Rencana Stratejik yang lebih terfo kus dan dilaksanakan lebih komunikatif karena Faktor-faktor tersebut menjembatani antara misi dan tujuan/sasaran.
No comments:
Write komentar