22.3.20

Analisis Lingkungan Stratejik MSDM

Analisis lingkungan stratejik bertujuan mencari relasi dan titik temu antara faktor-faktor lingkungan stratejik internal dan eksternal organisasi dalam kaitannya dengan visi, misi dan nilai-nilai serta dengan tujuan dan sasaran organisasi untuk memperoleh sinergi.

Analisis lingkungan stratejik juga berfungsi sebagai  sistem peringatan dini ( early warning system) agar organisasi dapat segera mengambil langkah-langkah pengamanan. 

Analisa Lingkungan Internal (Kekuatan dan Kelemahan) 
1.  Struktur Organisasi
2.  Sumberdaya Manusia
3.  Anggaran biaya operasional
4.  Peralatan
5.  Teknologi
6.  Faktor-faktor pendukung organisasi lain seperti kewenangan methodologi.


Analisa Lingkungan Eksternal; (peluang dan ancaman) 
1. Interaksi langsung : pelanggan, konsumen, stakeholder. 
2. Poleksosbudkam, teknologi, hukum, lingkungan hidup, ekologi, geografi.

Tahapan Analisis SWOT 

Identifikasi Lingkungan Internal, Eksternal dan Stakeholders (DAFTAR S,W,O,T).

Analisis Lingkungan Stratejik (IFAS/EFAS)

ANALISIS SWOT ( S-O,S-T,W-O,W-T). 
ASUMSI STRATEJIK DAN PILIHAN (KETERKAITAN DENGAN V,M DAN O).
FAKTOR-FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN 
( CRITICAL SUCCESS FACTORS ).

ANALISIS - IFAS/  EFAS
Setiap faktor stratejik dilakukan seleksi skala prioritas dengan kriteria BOBOT dan  RATING  untuk mendapatkan urutan PRIORITAS :
SANGAT MENONJOL = 4
MENONJOL = 3
TIDAK MENONJOL = 2
PALING TIDAK MENONJOL = 1

Faktor-faktor internal stratejik terdiri dari 
BOBOT, RATING, SKOR dan KESIMPULAN. 

FAKTOR-FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN ( CRITICAL SUCCESS FACTORS ) adalah faktor-faktor yang mencakup berbagai bidang/aspek dari misi dimana kepadanya amat bergantung keberhasilan kinerja instansi pemerintah dalam  melaksanakan MISI dan upaya terwujudnya VISI.

Faktor-faktor kunci tersebut antara lain berupa potensi, kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan, kendala yang dihadapi organisasi: sumber daya manusia, dana, sarana, prasarana,peraturan perundang-undangan, kebijakan yang digunakan instansi pemerintah dalam kegiatan,

Faktor-faktor Kunci Keberhasilan biasanya berjumlah lebih kurang berkisar antara 7- 9, dengan tujuan manajemen menampilkan dan menyusun Rencana Stratejik yang lebih terfo kus dan dilaksanakan lebih komunikatif karena Faktor-faktor tersebut menjembatani antara misi dan tujuan/sasaran. 

No comments:
Write komentar